Myeongdong: Surga Belanja di Korea

Berbelanja oleh-oleh atau cinderamata khas merupakan ritual wajib yang kita lakukan saat bepergian ke luar negeri. Kaos bergambar bendera negara, kartu pos, gantungan kunci, atau pun miniatur landmark biasanya menjadi pilihan utama souvenir yang kita beli. Namun, selain oleh-oleh konvensional tersebut berbagai produk mulai dari kosmetik, makanan ringan, hingga baju atau sepatu mulai menjadi alternatif buah tangan dari luar negeri.

Trend tersebut muncul seiring terpaan arus informasi yang lebih luas dan terbuka tentang keunikan sosial dan kultural dari suatu negara. Sebagai contoh ialah Korea Selatan yang dianggap sebagai kiblat kemajuan kultur pop di kawasan Asia. Popularitas berbagai girlband, boyband, dan serial drama tidak hanya mendorong peningkatan kunjungan pariwisata, namun juga mempermudah promosi merk-merk berkualitas yang diproduksi.

Kini, generasi muda di Indonesia tidak hanya mengenal merk elektronik seperti Samsung dan LG atau merk kendaraan bermotor seperti Hyundai dan Kia yang telah mendunia. Perlahan kita juga mulai terbiasa mendengar merk-merk kosmetik seperti Etude, Missha, The Face Shop, hingga merk makanan ringan seperti Pepero dan Chocopie.

Berbagai produk asli Korea Selatan tersebut bahkan telah dijual di pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar Indonesia. Berbagai online shop yang tersebar di berbagai platform media sosial juga tidak kalah gencar menawarkan produk-produk tersebut. Namun, tentu saja membeli produk-produk yang sedang happening di negara asal menawarkan pengalaman unik tersendiri sekaligus harga orisinil yang lebih murah.

IMG_0944

Myeongdong yang terletak di jantung Kota Seoul, merupakan salah satu destinasi berbelanja paling populer di Korea Selatan. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Organisasi Pariwisata Korea terhadap 12.000 wisatawan, 55.3% menjawab bahwa tujuan wisata utama mereka ialah Myeongdong. Kawasan Myeongdong berbentuk city walks, dengan berbagai gerai department store terkemuka seperti Zara, H&M, Migliore maupun toko-toko yang menjual produk buatan pengrajin lokal berderet rapi dengan corak toko yang berwarna-warni dan beraneka ragam.

IMG_0940

Kita bisa menemukan berbagai macam produk mulai dari kosmetik, fesyen, sepatu, tas, makanan ringan, aksesoris telepon genggam hingga kaos kaki bermotif kartun khas Korea. Tidak heran apabila kawasan Myeongdong sangat ramai dan selalu dipadati oleh pengunjung. Bahkan karena sangat populer di kalangan wisatawan, Myeongdong disebut sebagai ‘a Mecca for shoppers’ oleh situs resmi pariwisata Korea.

IMG_0968

Apabila lelah berbelanja, kita bisa beristirahat sejenak sembari menikmati hidangan di berbagai gerai makanan keluarga dan cepat saji yang tersedia di sudut-sudut Myeongdong. Selain restoran, berbagai jajanan kaki lima khas Korea yang berbahan dasar daging dan sea food juga tersedia sebagai alternatif pengganjal perut.

 

IMG_0932

Setelah puas berbelanja dan makan, jangan lupa untuk berkunjung dahulu ke katedral Myeongdong, yang merupakan katedral tertua di Korea, berjalan-jalan ke Namdaemun Market yang bersejarah atau pun menyaksikan pertunjukan seni di Myeongdong Nanta Theatre untuk melengkapi asiknya pengalaman mengunjungi kawasan surga belanja ini.

 

 


Article by: Fidhzariyan Utama (AIKUNA)

Photo Credit: Bobby M. Ihsan (AIKUNA)

Comments are closed.