Seniman Jalanan Hongdae

Siapa belum mengenal Hong Dae? Untuk kamu yang menyukai film-film drama Korea seperti “Coffee Prince” atau “Mary Stayed Out All Night” pasti sudah tidak asing dengan nama daerah ini. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu temukan di Hongdae. Kamu bisa dengan mudah menemukan café atau bar untuk sekadar duduk santai berbincang dengan teman-teman, atau berjalan-jalan sambil memakan ‘jajanan jalanan’ seperti ddeokbokki. Kamu pun bisa membeli pernak-pernik di toko-toko sepanjang jalan daerah Hongdae, walaupun sebenarnya tidak disarankan berbelanja di sini karena harganya relatif lebih mahal.

Hong Dae sebenarnya adalah penyederhanaan dari Hong-ik Dae-hak-kyo (Hongik University), sebuah  institusi pendidikan yang terkenal dengan ilmu arsitektur dan desainnya. Hongdae bisa dibilang adalah kiblatnya urban-culture untuk anak muda Korea, anak muda Seoul khususnya. Oleh karena itu atmosfer kreatif masih tampak kuat di sekitarnya. Tempat ini jadi semacam tempat ‘gaul’ wajibnya pemudi dan pemuda Korea. Hampir setiap malam, jalanan di Hong Dae selalu ramai oleh anak muda. Ada yang berpasangan, serombongan, hanya sedikit saja yang berjalan sendiri menikmati keramaian.

Kamu akan dengan mudah menemukan aktivitas berkesenian anak muda di sana. Banyak temboknya dipenuhi gravity. Kalau malam, lampu-lampu café dan bar menerangi jalanan sepanjang Hongdae. Ini yang paling seru, kamu akan menemukan beberapa musisi jalanan atau penari jalanan di sekitara Hongdae. Ketika bosan berbincang di dalam ruang atau lelah berjalan kamu bisa berhenti dan menikmati para seniman jalanan ini unjuk kebolehan.

Serombongan lelaki menari. Mereka larut dalam hentakan dentum bas musik hiphop. Ada yang beraksi seperti perempuan dan dengan luwesnya mengikut gerakan Hyo Rin personel Sistar. Mereka yang bermusik memainkan cover lagu-lagu dari musisi terkenal seperti Coldplay, Avril Lavigne atau memainkan lagu ciptaan mereka sendiri.

Malam di Hongdae seperti tidak pernah tidur. Selalu saja kreativitas anak mudanya membuat ceria suasana, walaupun diterpa dinginnya angin musim gugur. Hongdae jadi salah satu rekomendasi tujuan berkunjung untuk kamu yang suka dengan seni urban. Satu malam, dengan segelas kopi hangat, bersama teman sambil menyaksikan para seniman jalanan ini beraksi bisa cukup menyenangkan hati.

————-

Article by : Suryo Hapsoro

Video by : Suryo Hapsoro and Fani Atmanti

 

Comments are closed.